Call Us 081381807376 | Email alazharpare13@gmail.com
beasiswa

Yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Mengikuti Tes Beasiswa Timur Tengah

Kampung-arab.com || Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri jika kita bisa melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi di luar negeri. Terutama jika menuntut ilmu di negara Timur Tengah bagi kamu yang ingin sekaligus mempelajari ilmu islam lebih dalam. Apalagi jika menuntut ilmu di luar negeri secara gratis karena mengikuti program beasiswa, bukan kah sangat menyenangkan? Lantas, bagaimana tata cara melakukan pendaftaran dan persyaratannya? Pertama, simak persyaratan berikut:

  1. Minimum lulus SMA atau sederajat bagi pelamar beasiswa S1
  2. Memiliki ijazah maksimum 2 tahun dari tanggal kelulusan. Perlu di ketahui bahwa ijazah paket juga berlaku, lhoo..
  3. Selanjutnya pastikan mendaftarkan diri di website diktis.kemenag.go.id pada bagian menu seleksi Timur Tengah.
  4. Pada umumnya biaya pendaftaran sekitar 100 K hingga 300 K

Baca juga: Belajar Bahasa Arab Di Ummul Qura pare

Perlu diingat bahwa ketika kalian mengisi formulir pendafaran, isi selengkap- lengkapnya. Formulir ini merupakan formulir pendaftaran untuk peserta beasiswa maupun non beasiswa, jadi pastikan bahwa kamu memilih opsi yang benar seperti tujuan kalian yaa. Selain itu.. peserta bisa memilih salah satu negara tujuan di Timur Tengah yang ingin kalian tuju seperti misalkan Mesir, Maroko, Lebanon, ataupun Sudan. Kalian juga dapat memilih lokasi ujian yang terdekat dengan rumah kalian. Hal ini agar kalian dapat datang tepat waktu saat ujian diadakan. Sedikit informasi bahwa semua negara tujuan yang tersedia memiliki akses jalur beasiswa, dan untuk non beasiswa hanya dapat memilih negara Mesir. Untuk peserta beasiswa, akan ada keringanan biaya hidup selama kuliah disana, namun untuk non beasiswa harus menanggung sendiri biaya hidup mereka.

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Untuk beasiswa tujuan Mesir, pada umumnya mendapatllan tiket keberangkatan dan pulang pergi Indonesia secara gratis (Bagi peserta full beasiswa) setiap tahunnya saat libur semester genap. Namun untuk masalah uang saku, biasanya tidak langsung diberikan sebelum keberangkatan. Jadi disarankan untuk membawa sekitar 100 sampai 200 dollar untuk uang saku. Hal ini untuk berjaga-jaga bila membutuhkan sesuatu atau membayar sesuatu yang mendesak. Biasanya, Kemenag menyediakan asrama bagi peserta beasiswa maupun non beasiswa. Keuntungan memilih asrama ini adalah karena keamanan dan lokasinya yang strategis serta dekat dengan sekolah yang di tuju. Hanya saja untuk biaya hidup, kalian akan lebih berhemat jika memilih tinggal di luar asrama. Lantas, bagaimana caranya agar dapat lulus seleksi dan dengan mudah mendapatkan beasiswa yang di inginkan?

Baca juga: Kursusan Bahasa Inggris Al-Azhar Pare

  1. Pertama, bulatkan tekat. Lalu mulai mendaftar di website Kemenag
  2. Cetak Kartu Peserta Pendaftaran, dan persiapkan diri.
  3. Lengkapi berkas seperti yang diminta. Umumnya yang wajib adalah pas foto 3×4, dan ijazah untuk di serahkan di tempat pelaksanaan tes
  4. Kuliah di Timur Tengah pasti mewajibkan kamu memiliki ilmu Bahasa Arab seperti (Qira’ah, Ta’bir, Nahwu, Sharaf dan Balaghah) dan hafalan Al-Qur’an, di harapkan sudah mutqin untuk hafalan Al-Qur’an, minimal 2 Juz untuk tes lisan dan 3 juz untuk yang tertulis(juz 1, 2 dan 30).
  5. Penting untuk meminta doa dari orang tua, serta guru agar dilancarkan
  6. Jangan lupa membawa alat perang yaa… alat tulis untuk ujian maksudnya
  7. Jangan sampai telat. Lebih baik datang sehari sebelum ujian berlangsung dan menginap di rumah teman jika lokasi ujian jauh dari tempat tinggalmu.
  8. Pastikan pakaian kalian rapi dan bersepatu. Etika itu adalah salah satu poin yang penting.
  9. Berdoa sebelum ujian, dan kerjakan soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu.
  10. Jangan sampai ada jawaban yang kosong, jawab sebisamu sekalipun kamu tidak yakin dengan jawaban itu. Ingat, jangan sampai ada pertanyaan yang tak terjawab ya.. Sekedaf informasi, penilaian tertinggi biasanya terletak di soal membuat karangan (insya’).
  11. Koreksi jawabanmu sebelum mengumpulkannya kepada penguji.
  12. Persiapkan diri untuk berlatih berbahasa Arab yang baik, karena saat tes lisan.. kalian akan berhadapan dengan penutur bahasa Arab yang fasih, jawab pertanyaan dari penguji dengan tenang dan jujur. Jangan lupa ucapkan salam sebelum dan sesudah tes kepada penguji.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Di Al-Azhar Pare

WhatsApp us