Call Us 081381807376 | Email alazharpare13@gmail.com
al-quran

Kiat untuk Mengafal Al-Quran degan baik

Kampung-arab.com ||Merupakan impian bagi seorang muslim untuk dapat memahami dan menghafal ayat suci Al-Quran. Tak heran banyak umat muslim yang belajar sangat keras untuk bisa menghafalkan Al-Quran sebagai kitab suci umat muslim di dunia. Menghafal Al-Quran akan lebih mudah dengan beberapa cara berikut ini:

  • Baca terjemahannya sehingga Anda tahu apa yang Anda baca dan apa yang terjadi yang pada gilirannya akan membantu Anda untuk menghafal dengan cepat
  • Coba baca halaman mundur: mulai dengan ayat terakhir, lalu ayat sebelum dan seterusnya sampai Anda mencapai ayat di awal halaman untuk memperkuat ingatan

Baca juga: Belajar Bahasa Arab di Kampung bahasa pare

  • Dengarkan pelafalan reciters klasik sebelum Anda menghafal ayat-ayat baru karena itu akan membantu Anda menghilangkan kesalahan dan kesalahan dalam tahap benih itu sendiri. Assabile memiliki banyak koleksi audio Al-Quran. Periksa pembacaan Mohammed Jibril atau berpegang pada reciters terkenal seperti Ayub, Hudaifi atau Minshawi.
  • Ucapkan apa yang telah Anda hafalkan dalam doa (shalat)
  • Habiskan lebih banyak waktu mengingat sambil menghafal. Anda akan tergoda untuk melihat mushaf tetapi tidak. Semakin Anda ingat dan semakin Anda menghindari godaan untuk melihat mushaf, semakin cepat Anda akan menghafalnya.

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Brief untuk pengatur waktu:

Daftarkan diri Anda di pondok pesantren setempat atau daftar untuk kursus menghafal Al-Quran online seperti yang ditawarkan oleh Universitas Islam Online. Ketika Anda semakin menghafal, Anda akan menyadari bahwa Anda memiliki lebih sedikit waktu untuk menghafal bagian-bagian baru dan lebih banyak waktu dihabiskan untuk merevisi apa yang telah Anda hafal.

Baca juga: Kursusan Bahasa Inggris Al-Azhar Pare

Saya akan merekomendasikan Anda untuk beralih ke waktu penuh setelah keadaan menjadi sulit (katakanlah setelah menghafal sepuluh juz). Anda mungkin menyelesaikan sisanya dalam waktu kurang dari satu tahun. Ingatlah bahwa apa pun yang Anda hafal memang hebat. Jadi, jika Anda merasa kekurangan waktu karena komitmen, tetaplah merevisi apa yang telah Anda hafal sejauh ini daripada mencoba menghafal bagian-bagian baru.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Di Al-Azhar Pare