Call Us 081381807376 | Email alazharpare13@gmail.com
al-quran

Keutamaan membaca Al-Quran

Kampung-arab.com || Dianjurkan bagi pria dan wanita yang beriman untuk membaca Al-Quran bahkan jika mereka tidak mengerti artinya, tetapi itu diresepkan untuk direnungkan dan dipikirkan sehingga orang dapat mengerti Al-Quran, dan untuk merujuk pada buku-buku tafsir jika seseorang memiliki pengetahuan yang cukup untuk memahaminya, dan merujuk pada buku-buku tafsir dan bahasa Arab untuk mendapatkan manfaat dari itu, dan dia dapat bertanya kepada para sarjana tentang apa saja yang tidak dia mengerti. Yang dimaksud adalah bahwa ia harus merenungkan makna, karena Allah berfirman (interpretasi makna):

“(Ini) sebuah Buku (Al-Quran) yang telah kami kirimkan kepada Anda, penuh dengan berkah, sehingga mereka dapat merenungkan ayat-ayatnya, dan agar orang-orang yang berakal dapat mengingat”

[Saad 38:29].

Baca juga: Belajar Bahasa Arab Di Ummul Qura pare

Orang percaya harus merenungkan artinya, yaitu, ia harus memperhatikan membaca dan berpikir tentang artinya; ia harus memahami maknanya dan dengan demikian ia akan mendapat manfaat darinya. Jika dia tidak mengerti maknanya dengan sempurna, dia masih akan mengerti banyak arti. Jadi biarkan dia membaca dengan seksama dan merenungkan serta memahami. Ini juga berlaku untuk wanita. Pembaca Al-Quran harus mendapat manfaat dari kata-kata Tuhannya dan memahami maknanya sehingga ia dapat menindaklanjutinya. Allah berfirman (interpretasi maknanya):

“Apakah mereka kemudian tidak berpikir dalam Qur’an, atau hati mereka terkunci (dari memahaminya)?” [Muhammad 47:24].

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Allah SWT mendorong kita untuk berpikir dan merenungkan kata-kata-Nya. Ketika orang beriman – pria atau wanita – membaca Kitab Al-Quran Allah, itu ditentukan bagi mereka untuk merenungkan dan memperhatikan apa yang dibaca, sehingga mereka dapat mengambil manfaat dari kata-kata Allah dan agar mereka dapat memahami kata-kata Allah dan agar mereka dapat bertindak berdasarkan apa yang mereka pelajari dari kata-kata Allah. Mereka dapat meminta bantuan untuk melakukannya dari buku-buku tafsir yang telah ditulis oleh para sarjana seperti yang ditulis oleh Ibn Katheer, Ibn Jareer, al-Baghawi, al-Shawkaani dan lainnya. Mereka juga dapat menggunakan buku-buku berbahasa Arab dan bertanya kepada para sarjana yang dikenal karena pengetahuan dan kebajikan mereka tentang apa pun yang mereka tidak mengerti.

Baca juga: Kursusan Bahasa Inggris Al-Azhar Pare