Call Us 081381807376 | Email alazharpare13@gmail.com
Al-Qur'an

Cara terbaikuntuk belajar, memahami, dan menghafal Al-Quran dengan mudah

Kampung-arab.com || Berikut inin adalah beberapa cara terbaikuntuk belajar, memahami, dan menghafal Al-Quran dengan mudah.

Cara terbaik untuk belajar:

Anda perlu mempelajari pelafalan (makhraj) dan aturan bacaan (tajwid) dari seorang guru yang berkualitas. Ada buku untuk pemula yang dimulai dengan pengenalan huruf dan secara perlahan memperkenalkan Anda pada vokal, perpanjangan, sakin, tanveen, dan elemen lainnya. Panjangnya kata-kata bertambah ketika Anda melanjutkan ke pelajaran lanjutan di mana Anda memiliki kalimat kecil / sebagian dari Al-Qur’an. Setelah itu, Anda perlu beralih ke Al-Qur’an dan mempelajari aturan-aturan bacaan meskipun beberapa guru lebih suka mengajarkan aturan-aturan dalam buku pemula. Untuk membaca Al-Quran tanpa banyak kesalahan, seharusnya tidak lebih dari dua bulan. Untuk melafal Al-Quran seperti seorang profesional dengan lancar atau bahkan melodi, Anda tidak diharuskan memiliki pemahaman bahasa Arab / tata bahasa.

Baca juga: Belajar Bahasa Arab di Kampung bahasa pare

Cara terbaik untuk memahami:

Pertimbangkan mempelajari bahasa Arab dan kemudian membaca komentar para sarjana klasik seperti Ibn Katheer, At-Tabari dan Al-Qurtubi atau karya-karya kontemporer seperti tafsir Imam As Sa’di. Atau baca komentar dalam bahasa Inggris. Tafsir ibn Kathir tersedia dalam bahasa Inggris di sini. Atau Anda bisa mulai dengan terjemahan makna Al-Qur’an. Saya sangat merekomendasikan karya Muhammad Muhsin Khan dan Muhammad Taqiuddin Al-Hilali untuk bahasa yang sederhana dan sifatnya yang tepat dan ringkas.

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Cara terbaik untuk menghafal:

Saya melihat menghafal memiliki dua fase: belajar, persiapan dan kemudian menghafal yang sebenarnya. Untuk belajar, rujuk bagian pertama dari jawabannya. Persiapan: Anda harus setidaknya menyelesaikan pembacaan Al-Qur’an sekali (Nadhira) sehingga kata-kata lebih mudah di lidah Anda. Jika Anda melewati tahap ini dan melompat lebih dulu, Anda akan membayarnya nanti. Untuk hasil yang optimal: Baca 3 halaman sehari, sepuluh kali. Mungkin butuh 90 menit sehari. Semoga Anda akan selesai dengan membaca seluruh Al-Qur’an untuk guru Anda dalam satu tahun. Jika Anda melihat ini dari dekat, Anda sebenarnya menyelesaikan sebelas kali (10 kali membaca sendiri + satu kali untuk seorang guru) yang mengapa Nadhira ternyata membantu ketika Anda mulai menghafal. Penghafalan: Orang-orang yang bercita-cita untuk menghafal Al-Quran sebagian besar mengambil waktu penuh di sekolah-sekolah perumahan atau non-perumahan. Beberapa mengambil rute paruh waktu.

Baca juga: Kursusan Bahasa Inggris Al-Azhar Pare

 

 

WhatsApp us