Call Us 0354 3101544 | Email alazharpare13@gmail.com
Al-Quran

Cara Terbaik Untuk Belajar Menghafal Al-Quran

Kampung-arab.com || Menghafal Al-Quran adalah prestasi besar bagi setiap muslim selama niatnya murni demi Allah dan tidak untuk menyenangkan orang lain atau untuk pamer. Jadi, inilah beberapa langkah yang saya anggap sangat penting untuk menghafal Al-Quran:

  1. Buat niat di hatimu dan hanya untuk menyenangkan Allah dan tidak ada yang lain!
  2. Jadikan itu tujuan nomor 1 dalam hidup Anda. jika itu bukan tujuan terpenting Anda, Anda mungkin akan menunda menghafal dan melakukan hal-hal lain yang tampaknya lebih penting bagi Anda.
  3. Pergilah ke ahli Al-Quran yang terkenal dan pastikan bahwa ia adalah seorang Hafiz dan memiliki Sanad, buatlah jadwal dengannya untuk membaca halaman-halaman yang dihafal sampai Anda telah menghafal seluruh Al-Quran. Dengan cara ini dia mengoreksi bacaan Anda dan akan mengajarkan Anda Tajwid. Dia juga akan membantu Anda selama perjalanan Anda.

Baca juga: Belajar Bahasa Arab Di Ummul Qura pare

  1. Melepaskan diri dari dosa, ingatlah bahwa berdosa akan menjadi alasan Anda jauh dari Allah dan dengan menghindari dosa, Anda lebih dekat dengan Allah. Ini akan meningkatkan daya ingat Anda dan akan membantu Anda tetap berada di jalur untuk perjalanan Anda.
  2. Pelajari cara menghafal, ada banyak cara Anda bisa menghafal tetapi pengulangan adalah yang terbaik. ambil 1 baris di halaman mana saja dari Qur’an ulangi 10 kali sekarang tutupi dan ulangi! Apakah itu benar? jika ya, ulangi 10 kali lagi. (Catatan: Cobalah mendengarkan kalimat sebelum Anda menghafalnya, sehingga Anda dapat menghafalnya dengan benar. Gunakan Aplikasi Quran atau Al-Quran al-Kareem – القرآن الكريم)

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

  1. Buat jadwal dan patuhi itu! jadwal Anda bisa seperti ini: Pagi 30 menit-60 menit = Hafalkan 1–2 halaman; malam 30min-60min = tinjau halaman-halaman pagi yang dihafal.
  2. Tetapkan tujuan dan raihlah! Menempatkan tujuan untuk setiap bulan, Contoh: setiap bulan saya ingin menghafal 30 halaman, melakukan pekerjaan Anda dan menghafal dan mencapai akhir bulan dengan 30 halaman dihafal. Pada tingkat ini Anda dapat menghafal Al-Quran dalam waktu sekitar 20 bulan yaitu sekitar 1 tahun dan 8 bulan. Dedikasi + Dedikasi + Kerja Keras
  3. Mintalah kepada Allah untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda, tidak ada yang lebih baik daripada Allah membuat jalan Anda lebih mudah untuk sesuatu yang akan bermanfaat bagi Anda dalam kehidupan ini dan akhirat.

Baca juga: Kursusan Bahasa Inggris Al-Azhar Pare

Ingat langkah-langkah ini akan membantu Anda jika Anda tulus dan niat Anda hanya untuk Allah. Dan pengingat selalu baik untuk mempelajari kisah-kisah dalam Al-Quran untuk meningkatkan hafalan Anda dan menjadikan Anda orang yang lebih baik secara keseluruhan.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Di Al-Azhar Pare