Call Us 081381807376 | Email alazharpare13@gmail.com
Bahasa Arab

Bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur`an dan bahasa As-Sunnah

Kampung-arab.com ||  Tahukah kalian bahwa bahasa arab adalah bahasa yang istimewa?? Ya benar sekali Allah Ta’ala sangat mengistimewakan bahasa Arab sehingga bahasa yang satu ini menjadi bahasa yang paling utama dari seluruh bahasa yang ada. Allah jadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur`an dan bahasa As-Sunnah. Allah Ta’ala juga menjadikannya sebagai bahasa shalat, dzikir, haji, dan ibadah yang lainnya. Begitu banyaknya aktivitas kita yang berhubungan langsung dengan bahasa arab. Bahkan dari hal kecil dan kita diajarkan untuk berbahasa arab. Ketiga hendak makan, sesudah makan, hendak minum dll.

Baca juga: Belajar Bahasa Arab Di Ummul Qura pare

Selain dari pada itu semua keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh bahasa arab adalah ia adalah bahasa yang digunakan Allah untuk berkomunikasi dengan RosulNya. Nabi Muhammad SAW. sebagaimana firman Allah

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا بِلِسَانِ قَوْمِهِ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ ۖ فَيُضِلُّ اللَّهُ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dialah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana” (Q.S. Ibrahim: 4).

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Dan inilah sebab kenapa Alquran yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad menggunakan bahasa Arab. Kalau saja Nabi Muhammad lahir di Indonesia pastinya bahasa Alquran juga menggunakan bahasa Indonesia karena untuk bisa memahamkan Masyarakat  Indonesia pastilah bahasa Indonesia.

Baca juga: Kursusan Bahasa Inggris Al-Azhar Pare

Tapi dari semua hal itu Allah pasti memiliki rencana dan maksud yang tidak kita ketahui, seperti kenapa Allah memulihkan Nabi Muhammad lahir di Makkah dll. yang terpenting adalah kita harus selalu berbaik sangka (Husnudzon) kepada Allah atas adapun yang sudah di kehendakiNya, dan menjadikan kita ingat lagi dengan rukun iman kita yang paling terakhir. Iman kepada Qodo’ dan Qodarnya Allah. Sehingga kita menjadi orang yang mengeluh, tapi menjadi insan yang terus berusaha menjadi lebih baik. Salah satunya adalah mengajarkan kita untuk terus berjuang belajar bahasa arab, dengan tujuan bisa memahami kalam Allah.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Di Al-Azhar Pare

Semoga artikel  singkat ini membantu menambah wawasan kita semua. Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Dan tetap berfikir positif kawan. Assalamualaikum wr wb.

WhatsApp us