Call Us 081381807376 | Email alazharpare13@gmail.com
Al-Quran

Apakah Belajar bahasa Arab menjamin pemahaman dalam Al-Quran?

Kampung-arab.com || Belajar bahasa Arab tidak akan menjamin pemahaman penuh tentang Al Qur’an, tetapi itu akan membantu dalam studinya. Dengan pengetahuan bahasa Arab yang sederhana, seseorang dapat menerjemahkan kata-kata arab dalam Al-Quran tetapi tidak akan sepenuhnya memahami maknanya. Al-Quran tidak hanya diterjemahkan dengan bahasa Arab, ia menjelaskan dirinya sendiri dan dengan tradisi (hadis) Nabi Muhammad (saw) yang didasarkan pada bagaimana nabi itu sendiri dan teman-temannya menjelaskannya dan bagaimana mereka mempraktikkan perintahnya.

Baca juga: Belajar Bahasa Arab Di Ummul Qura pare

[Kami mengirim mereka] dengan bukti yang jelas dan tata cara tertulis. Dan Kami memberitahukan kepadamu pesan bahwa kamu dapat menjelaskan kepada orang-orang apa yang diturunkan kepada mereka dan agar mereka berpikir. (Surat Nahl ayat 44). Menurut ayat ini nabi Muhammad (saw) diperintahkan oleh Allah untuk menjelaskan Al-Quran kepada umat manusia dan memperjelas hal-hal dan dia melakukan itu dengan instruksi dari papan yang dikenal sebagai wahyu (wahyu). Selain itu, bagi seseorang yang sepenuhnya memahami Al Qur’an ada buku tafsir yang ditulis berdasarkan bagaimana nabi dan rekan-rekannya menjelaskannya seperti Tafsir ibn Kathir – Wikipedia dan banyak lainnya.

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Bahasa Arab Standar Modern tidak sama dengan bahasa Arab yang ditulis dalam Al-Quran pada abad ketujuh – diperlukan lebih banyak studi tentang bahasa Arab kuno. Tidak hanya itu … ada juga masalah sekitar dua puluh persen dari Al-Quran yang ditulis dalam apa yang sekarang kita sebut Syro-Aram, yang merupakan bahasa yang terkait tetapi tidak identik. Untuk memahami banyak bagian dari Quran, pengetahuan tentang Siro-Aram adalah bantuan besar.

Baca juga: Kursusan Bahasa Inggris Al-Azhar Pare

Seperti situasi yang tampaknya saling bertentangan di mana banyak surah mengatakan dengan suara bulat bahwa manusia terbuat dari segumpal darah, sementara satu teks tunggal mengatakan bahwa mereka dibuat dari segumpal tanah liat. Kata yang umumnya ditafsirkan sebagai “tanah liat” sebenarnya bukan bahasa Arab tetapi kata Siro-Aram yang berarti … darah! Jadi sebenarnya tidak ada kontradiksi sama sekali … hanya kurangnya pengetahuan tentang bahasa campuran yang ditulis oleh Al-Quran.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Di Al-Azhar Pare

 

WhatsApp us