Call Us 081381807376 | Email alazharpare13@gmail.com

Alasan seorang Muslim membaca Al-Quran dalam bahasa Arab meski tidak memahaminya

Kampung-arab.com || “Membaca” Al-Qur’an harus dilakukan dalam bahasa Arab, dan dalam dialek “Qureshi” dalam doa dan pembacaan biasa. Semua Muslim disarankan untuk membaca Al-Quran dalam bahasa Arab karena membaca bahkan satu surat Al-Quran memberikan kita 10 amal baik menurut Hadits yang dikenal dan diterima (ucapan Nabi). Adalah wajib untuk membaca Quran dalam bahasa Arab dalam doa, jadi jika seseorang benar-benar meninggalkan Quran Arab, ia tidak dapat melafalkannya dengan baik saat salat. Penting juga untuk mengetahui makna Al-Quran agar dapat menerapkannya dalam hidup kita. Banyak orang membaca atau mendengarkan terjemahan Quran. Tetapi tidak semua orang melakukannya, dan mereka tidak melakukannya karena mereka tidak menyadari pentingnya memahami maknanya.

Baca juga: Belajar Bahasa Arab Di Ummul Qura pare

Prioritas pertama kita dalam mempelajari maknanya adalah belajar dan memahami, setidaknya, bahasa Arab dasar. Kata-kata dan struktur Al-Quran cukup mudah untuk dipahami oleh seorang siswa pemula bahasa Arab, kecuali beberapa kata yang membutuhkan bantuan. Seperti yang dikatakan dalam Al Qur’an:

Dan Kami memang membuat Quran mudah dimengerti dan diingat, lalu adakah yang akan mengingat (atau menerima peringatan)? (Quran 54:17)

Baca juga: Kursusan Bahasa Arab Al-Azhar Pare

Jika Anda kesulitan membaca Quran, ingat perkataan indah dari Nabi ini:

Nabi (ﷺ) berkata, “Orang seperti itu yang membaca Alquran dan menguasainya dengan hati, akan bersama ahli-ahli Taurat yang mulia (di Surga). Dan orang semacam itu mengerahkan dirinya untuk mempelajari Alquran dengan hati, dan membacanya dengan susah payah, akan mendapat hadiah ganda. (Bukhari 4937)

Baca juga: Kursusan Bahasa Inggris Al-Azhar Pare

Jika Anda berpikir bahwa belajar bahasa Arab akan terlalu sulit bagi Anda, Anda diperbolehkan, dan lebih baik, merujuk pada terjemahan. Apa yang saya lakukan ketika menghafal Al-Quran adalah bahwa saya membaca seluruh halaman terlebih dahulu, dan karena saya tahu bahasa Arab dengan cukup baik, saya memahami makna dasar dari ayat-ayat tersebut. Kemudian jika ada kata-kata yang saya tidak sepenuhnya mengerti, saya akan menggunakan terjemahan bahasa Inggris atau bahasa Urdu untuk membantu saya dengan kata itu, dan kemudian menghubungkan ayat-ayat bersama dalam konteks untuk menghafal lebih mudah. Jadi seorang Muslim harus membaca / membaca Al-Quran dalam bahasa Arab untuk hadiah dan perbuatan lebih banyak. Tetapi jika dia tidak bisa mengerti bahasa Arab, dia harus merujuk pada terjemahan dan komentar yang benar untuk maknanya.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Di Al-Azhar Pare

 

WhatsApp us