Call Us 0354 3101544 | Email alazharpare13@gmail.com

Bahasa Arab

Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional

Kampung-Arab.com – Bahasa Arab merupakan salah satu dari sekian bahasa yang paling banyak digunakan (selain Bahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya), oleh sebab itu tidak sedikit yang berkeinginan untuk mempelajarinya. Diperkirakan terdapat 300 juta yang menggunakan (setidaknya memahami) bahasa Arab di seluruh dunia. Ini tentu tidak lepas dari populasi pemeluk agama Islam (sebagai salah satu agama terbesar yang dianut) yang juga tersebar di seluruh dunia.

Selain itu, dalam perkembangannya, bahasa Arab menjadi penting dalam kancah internasional sebab negara-negara Arab memiliki peran penting dalam geopolitik dan ekonomi internasional, sehingga hal tersebut juga berpengaruh terhadap relasi negara-negara internasional. Karena itu, kebutuhan untuk menguasai bahasa Arab semakin besar.

Namun demikian, tidak jarang stigma yang berkembang menyebutkan bahwa sangatlah sulit mempelajari bahasa Arab, terlebih ketika sudah masuk pada pembahasan gramatika bahasa Arab, yakni Nahwu-Shorof (Artikel terkait: 5 Cara Mudah Belajar Qowa’id). Lantas, apakah memang sangat teramat sulit mempelajari bahasa Arab? Bisakah bahasa Arab dipelajari dalam waktu singkat?

Sulitkah Mempelajari Bahasa Arab?

Salah satu yang menimbulkan kesan bahwa bahasa Arab sebagai bahasa yang sulit untuk dipelajari, adalah perbedaannya yang terlampau jauh dari bahasa-bahasa indo-eropa lainnya. Sehingga, keyakinan yang muncul berikutnya adalah hampir mustahil bahasa Arab dapat dipelajari dalam waktu yang singkat (Artikel terkait: Sesulit Apakah Belajar Bahasa Arab?). Namun demikian, menurut pakar bahasa, pada dasarnya sama sekali tidak ada perbedaan dalam proses mempelajari bahasa Arab sebagaimana mempelajari bahasa-bahasa lainnya.

Mereka berpendapat bahwa langkah yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Arab adalah mengingat atau menghafal kosa kata-kosa kata Arab (mufrodat). Banyak di antara mereka yang mempelajari bahasa Arab menemui kesulitan dalam menghafal kosa kata Arab (Artikel terkait: Kiat Mudah Menghafal Kosa Kata Arab). Ini disebabkan, salah satunya, oleh kesulitan dalam melafalkan kata dalam bahasa Arab. Bagi sebagian besar non-Arab (yang mempelajari bahasa Arab), terasa sedikit “berat” dan sulit dalam melafalkan kosa kata Arab. Ini tidak bisa dilepaskan dari pengaruh aksen bahasa ibu yang digunakannya.

Meski demikian, para pakar bahasa terus bekerja keras dalam mempelajari bahasa Arab, sehingga dapat dirumuskan sebuah metode singkat dan efisien dalam mempelajari bahasa Arab. Diantaranya adalah metode yang memadukan serta memaksimalkan kemampuan kognitif dan psikologi manusia. Metode yang digunakan adalah dengan merangsang kemampuan alamiah (manusia) tersebut, sehingga dapat memudahkan dalam mempelajari bahasa Arab. Ingin tau metode menyenangkan belajar bahasa Arab di Al-Azhar Pare? Cek link informasi kursus bahasa arab intensif dan menyenangkan di Al-Azhar.