Call Us 0354 3101544 | Email alazharpare13@gmail.com
kursus bahasa arab pare

Bismillahirrahmaanirahiim

Istilah pare sebagai kampung bahasa barangkali sudah bukan hal yang asing lagi. Walau memang mungkin bagi yang berada di luar wilayah Jawa Timur, pengetahuan-nya masih simpang siur. Mulanya memang Pare lebih dikenal sebagai kampung inggris. Tapi seiring berjalan-nya waktu, dengan banyak-nya  pengkursusan-pengkursusan bahasa lain, seperti bahasa  arab, prancis, mandarin, spanyol, dan lain-lain, maka Pare mulai lebih dikenal sebagai kampung bahasa.

Dari waktu ke waktu, Pare selalu ramai pendatang. Mereka datang dari berbagai lintas wilayah di Indonesia. Terentah itu waktu liburan ataubukan,dari kalangan muda juga kelangan tua.baik yang memang masih pelajar asli,atau yang sebenarnya telah menjadi pekerja.  Dan tentu tiap mereka punya latar yang berbeda-beda.

Kali ini, mari kita bahas cara atau tips agar kita bisa mendapatkan hasil maksimal ketika belajar di Pare, khususnya di Al-Azhar. Karena sudah pasti kita tak ingin rugi waktu dan juga membuang- buang uang. Jangan sampai kita datang dari jauh ke Pare untuk belajar, tapi begitu kembali ke rumah, yang kita dapat sekedar coratcoret di buku belaka. Kan kasian. Hmmm

Belajar bahasa arab mungkin memang sulit. Tapi seperti bunyi ujaran sebuah kalimat, “Tidak ada kata sulit bagi orang yang berusaha..”, juga pepatah arab, “Man jadda wajada (barangsiapa yang bersungguh-sungguh, tentu akan memperoleh hasi). Jadi dalam yang sebenarnya berhasil tidaknya, kembali pada diri setiap  kita masing-masing.

Siapa ingin mengunduh mutiara, musti harus menyelam. Demikian pula hal-nya belajar bahasa arab. Perlu usaha yang total. Karena memang pada dasarnya bahasa arab itu  susah-susah mudah. Susah, tapi Allah mudahkan bagi orang yang mau mempelajarinya. Allah berfirman,

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Al-Qamar: 17)

Maka sebenarnya bahasa arab lebih mudah untuk dipelajari ketimbang bahasa-bahasa lain yang tidak ada jaminan kemudahan dari Allah subhanahu wata`ala.

Berikut beberapa tips-tips secara umum agar kita mendapat hasil yang maksimal dari belajar di Pare, dan tidak menyesal sekembalinya di rumah..

  1. Perbaiki dan Pertegas Niat dan Tujuan dari Rumah..

Menuntut ilmu adalah juga bagian dari ibadah.karena itu niat-nya juga harus murni dalam rangka ibadah mematuhi perintah Allah dan Rasul-nya.  Jauhi niat agar dapat pujian dan kedudukan, dianggap pintar, dan lain-lain.Dan niat inilah yang terpenting,sebab niat yang buruk pada pada dasarnya telah membinasakan sebagaimana sabda Rasulullah saw,

“Tidaklah dua ekor serigala kelaparan di giring kepada satu domba lebih merusak daripada kerakusan seseorang pada agama untuk tujuan kemuliaan dirinya (dimata manusia)” (HR. Tirmidzi).

  1. Semangat dan Istiqomah

Setelah niat-nya dari rumah sudah benar dan bagus, langkah seterusnya adalah semangat menjalani dan mewujudkan niat dan atau tujuan tadi.Semangat dan tekadnya harus bener-bener kuat agar tak mudah terlemahkan Tapi, adakalanya semangat itu bisa kendur tersebab satu dan lain hal. Karena itu, ada sebuah kalimat, “Belajar atau bekerja hanya berlandaskan semangat belaka akan luntur tatkala kesemangatan luluh. Jadi belajarlah dengan kesadaran, kesadaran akan pentingnya serta hukum wajibnya memepelajari bahasa Arab. “

  1. Banyak-Banyak Praktek

Berikutnya, yang juga tak kalah penting adalah prakrek. Karena bahasa adalah kebiasaan. Semakin sering kita membiasakan berbahasa arab, maka lidah kita akan makin akrab dengan bahasa arab. Dan Alhamdulillah, Pembelajaran di Al-Azhar, praktek berbahasa arab dalam keseharian, sangat ditekankan..idealnya, semakin sering praktek, tentu akan semakin mahir.

  1. Berdo`a dan Bertawakkal Kepada Allah

Sebagai seorang  hamba, hakikatnya tugas kita hanyalah berusaha dan berikhtiar. Selebihnya Allah yang menentukan. Selalu berprasangka baik kepada Allah, sungguh-sungguh dalam berdoa, dan lalu tawakkal `alaLlah.

Fa izda ‘azamta fatawakal ‘alallah…

Semoga bermanfaat….